Benzema Gagal Menangkan Madrid

| Selasa, 22 Februari 2011 | |
Real Madrid tak mampu mempertahankan keunggulan sehingga harus puas bermain imbang.


Real Madrid gagal memenuhi ambisi meraih kemenangan di laga pertama babak 16 besar Liga Champions. Madrid akhirnya hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Lyon dalam duel di Stade de Gerland, Rabu (23/2) dinihari WIB.

Madrid sempat unggul lebih dulu melalui mantan striker Lyon Karim Benzema. Baru masuk satu menit sebagai pemain pengganti, Benzema langsung membobol gawang bekas klubnya di menit ke-65.

Hanya, Madrid gagal mempertahankan keunggulannya. Lyon berhasil menyamakan kedudukan saat Bafetimbi Gomis menaklukkan kiper Iker Casillas.

Hasil imbang tersebut setidaknya lebih memudahkan Madrid untuk melaju ke perempat-final. Pasalnya, mereka hanya butuh hasil imbang 0-0 pada laga kedua di Santiago Bernabeu, Rabu (16/3). Sementara, Lyon harus bekerja keras agar bisa mengalahkan Madrid di kandang sendiri.

Lyon yang tampil di hadapan pendukungnya melakukan start bagus. Mereka lebih sering melakukan tekanan meski tak membahayakan gawang Casillas. Setidaknya, Lyon mengancam pertahanan Madrid melalui Yoann Gourcuff dan Michel Bastos. Hanya, Casillas tak kesulitan mengatasinya.

Sementara, lini depan Madrid kurang menggigit. Padahal, pelatih Jose Mourinho menurunkan skuad terbaik. Striker Emmanuel Adebayor menjadi ujung tombak los Blancos. Dia bahu-membahu dengan Cristiano Ronaldo dan Angel di Maria.

Namun, serangan mereka tak pernah membahayakan gawang Lyon yang dikawal kiper Hugo Lloris. Satu-satunya peluang terbaik di babak pertama diperoleh Ronaldo. Sayangnya, tendangan bebas pemain asal Portugal ini bisa digagalkan Lloris.

Di babak kedua, Madrid mulai bangkit. Serangan bergelombang pasukan Mourinho memaksa Lyon fokus pada pertahanan.

Ronaldo kembali nyaris membobol gawang Lyon. Namun, tendangannya dari sudut yang sempit masih membentur tiang gawang.

Sementara, bek Sergio Ramos yang hendak memanfaatkan bola rebound juga gagal. Tendangannya masih melambung.

Madrid kembali mendapat peluang bagus. Lagi-lagi Ramos tak bisa memanfaatkannya. Berawal dari sepak pojok Mesut Oezil yang disambut oleh sundulan Ramos. Namun, sundulannya masih mengenai tiang gawang. Padahal Lloris sudah gagal mengantisipasi bola.

Mourinho melakukan perubahan di lini depan dengan menarik Adebayor. Posisinya digantikan Benzema. Tak sia-sia upaya Mourinho. Dalam waktu singkat Benzema yang pernah menjadi idola Lyon langsung membungkam suporter tuan rumah. Sepakannya melewati kedua kaki Lloris. Upaya Cris untuk mengambil bola juga gagal.

Tertinggal 1-0 tak membuat Lyon goyah. Mereka justru bangkit dan kembali menguasai pertandingan. Tuan rumah tak henti-hentinya melakukan tekanan yang membuat Casillas bekerja keras.

Kesabaran Lyon akhirnya membuahkan hasil di menit ke-83. Berawal dari tendangan bebas yang diteruskan oleh Cris melalui sundulannya. Bola mengarah kepada Gomis yang melepaskan tendangan keras tanpa bisa diselamatkan Casillas.

Dalam kedudukan imbang, Lyon sepenuhnya mengendalikan permainan. Serangan mereka memaksa Madrid lebih banyak bertahan. Sayang, mereka gagal menambah gol dan harus puas dengan hasil imbang itu.

0 komentar:

Posting Komentar